Wednesday, October 10, 2012

Kentut | Mengapa Bau dan Bersuara

Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan tentang Kentut. Silahkan kunjungi Sumber dan Komposisi untuk mengetahui bahasan sebelumnya. Pada bahasan kali ini kita akan mengetahui mengapa kentut bersuara dan beraroma.


Apa yang membuat kentut menjadi bau?

Bau kentut berasal dari sejumlah kecil gas hidrogen sulfida dan merkaptan yang bercampur. Senyawa ini mengandung sulfur. Senyawa kaya nitrogen seperti skatole dan indole juga menambah bau kentut. Semakin anda diet yang kaya akan sulfur, semakin banyak sulfida dan merkaptan akan diproduksi oleh bakteri dalam usus Anda, dan semakin banyak kentut Anda maka akan semakin bau. Makanan seperti kembang kol, telur dan daging yang terkenal untuk memproduksi kentut yang bau, sedangkan biji-bijian menghasilkan sejumlah besar kentut tidak terlalu bau.


Kenapa kentut bersuara?

Suara dihasilkan oleh getaran dari pembukaan anus. Suara tergantung pada kecepatan aliran gas dan ketatnya otot-otot sphincter anus. Berlawanan dengan kesalahpahaman yang populer, suara kentut tidak dihasilkan oleh tepukan dari pipi pantat. (Yang ada tepuk tangan bukan tepuk pantat).

Mengapa kentut bau umumnya lebih hangat dan tenang daripada kentut biasa?


Kebanyakan gas kentut berasal dari udara yang tertelan dan sebagian besar terdiri dari nitrogen dan karbon
dioksida, oksigen yang telah diserap pada saat mencapai pembukaan dubur. Gas-gas ini tidak berbau, meskipun mereka sering membawa serta komponen lain (kebanyakan odiferous) dalam perjalanan melalui usus. Mereka muncul dari anus dalam gelembung yang cukup besar pada suhu tubuh. Seseorang dapat mencapai suara yang bagus dengan kentut tebal, tetapi mereka umumnya (tapi tidak selalu!) terbiasa sehubungan dengan bau, dan tidak terasa hangat.

Sumber utama gas kentut lainnya adalah aksi bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan menghasilkan panas sebagai produk sampingan serta berbagai gas menyengat. Gelembung gas yang dihasilkan cenderung kecil, panas, dan terkonsentrasi dengan bau produk metabolisme bakteri. Kentut seperti ini biasanya hangat, SBD (Silent-But-Deadly), seringkali dalam jumlah terlalu kecil untuk menghasilkan suara yang bagus, tetapi sangat bau.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...